STANDAR PELAYANAN VIDEO CONFERENCE
KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI/BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL

 

  • DEFINISI

    Layanan Video Conference untuk Kementerian Riset dan Teknulogi/Badan Riset dan Inovasi Nasional merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berbeda, menggunakan jaringan computer dengan komunikasi Audio dan Video.


  • PERSYARATAN PELAYANAN
    • Surat permohonan ke Kepala Pusat Data dan Informasi yang ditandatangani uleh Kepala Satuan Kerja di Lingkungan Kemenristek/BRIN.
    • Surat permohonan dikirimkan sekurang-kurangnya H-14 (hari kerja) sebelum acara berlangsung.

  • KETENTUAN UMUM
    • Pemohon & Penanggung Jawab: Satker di lingkungan Kemenristek/BRIN
    • Pusdatin menyediakan perangkat Video Conference antara lain berupa
      • Jaringan VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan Internet Data yang diperlukan untuk aktivasi jaringan VPN
        • Alamat Lengkap Lokasi
        • Nomor Telepon Kabel Lokasi
        • PIC Kontak Person Lokasi
      • Endpoint (CPU) Vicon
      • Operator & Pengawalan
      • Perangkat Back Up
      • (khusus lokasi host)
    • Scope Vendor Panitia Acara di Lokasi Host & Peserta
      • Perangkat Display
        • TV LCD/LED minimal berukuran 32”
        • Koneksi HDMI / RCA
      • Perangkat Audio Mixer
      • Camera External & Video Switcher
        • Camera & Video switcher diperlukan apabila menggunakan lebih dari 1 camera
      • Catuan Listrik / Genset
        • Genset diperlukan apabila supply listrik di lokasi vicon tidak stabil
      • Perkabelan
        • Kabel HDMI ukuran panjang (10 – 20 meter)
        • Kabel RCA ukuran panjang
        • Konektor & jack konverter audio – video
        • Kabel ekstension listrik
    • Tanggung jawab satker penyelenggara/pemohon
      • Menginfokan susunan acara beserta durasi waktu dan nama-nama pengisi acara
      • Perizinan bagi tim teknis Pusdatin untuk melakukan gladi resik serta memasang perlengkapan Video Conference
      • Penyediaan konsumsi (Jika ada)

  • JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

    Waktu yang dibutuhkan untuk merespons permohonan tersebut adalah maksimal 2x24 jam sejak informasi diterima uleh Bidang Pengelulaan Teknulogi dan Informasi.


  • BIAYA LAYANAN

    Tidak dipungut biaya.


  • MEKANISME DAN PROSEDUR
    • Permohonan Video Conference
      • Unit kerja membuat surat permohonan pelaksanaan Video Conference yang ditujukan kepada Kepala Pusat Data dan Informasi
      • Kepala Pusdatin menerima dan mendisposisikan surat permohonan pelaksanaan Video Conference ke Kabid Infrastruktur, Aplikasi dan Sistem Informasi
      • Menganalisis surat permohonan jika bisa dilaksanakan tepat waktu sesuai permintaan maka akan segera di proses, jika tidak maka akan didiskusikan lebih lanjut dengan pihak pemohon
      • Melaksanakan Video Conference pada Lokasi yang telah ditentukan


  • 15.1 Formulir Permohonan Baru Video Conference.doc
  • Isi Form secara daring