STANDAR PELAYANAN e-MAIL
KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI/BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL

 

  • DEFINISI
    • Pengguna:
      • Akun email digunakan oleh pegawai (PNS), satuan kerja Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional RI di lingkungan kantor pusat dan kegiatan/program Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.
      •  
    • Pengelola :
      • Layanan email resmi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional dikelola oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional
      •  
    • Penanggung Jawab Administratif :
      • Penanggung jawab akun pribadi adalah pegawai yang bersangkutan sebagai pemilik akun
      • Penanggung jawab akun satuan kerja adalah pimpinan satuan kerja terkait
      • Penanggung jawab akun kegiatan/program adalah pimpinan lembaga yang membawahi kepanitiaan kegiatan tersebut.
      •  
    • Penanggung Jawab Teknis :
      • Orang yang bertanggung jawab secara teknis penggunaan akun email dan sebagai kontak teknis yang akan dihubungi oleh pengelola apabila ada pemberitahuan maupun masalah yang berhubungan dengan teknis. Penanggung jawab teknis merupakan orang yang ditunjuk oleh penanggung jawab administratif untuk mengelola dan memelihara layanan email.
      •  

  • KETENTUAN UMUM
    • Ketentuan Umum:
      • Pusdatin menyediakan layanan email secara gratis kepada pegawai dan satuan kerja di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional kantor pusat
      •  
      • Pegawai/penanggung jawab teknis melakukan pengajuan akun email melalui aplikasi registrasi secara online dengan melengkapi no hp dan email alternatif (selain @ristekbrin.go.id) pribadi.
      •  
      • Pemberian nama akun (username) pegawai mengikuti aturan penamaan yang berlaku dan disesuaikan dengan nama yang tertera pada SIMKA Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Untuk nama akun (username) satuan kerja, penamaan merujuk pada nomenklatur yang berlaku di Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Untuk nama akun (username) kegiatan insidental dapat diajukan oleh panitia dengan menyesuaikan nama kegiatan terkait.
      •  
      • Masa berlaku layanan email:
        • 1. untuk satuan kerja bersifat permanen
        •  
        • 2. untuk kegiatan/program adalah selama kegiatan berlangsung, atau sesuai kesepakatan dengan pihak pengelola
        •  
        • 3. untuk pegawai adalah selama pegawai masih menjadi PNS Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.
        •  
      • Pengelolaan email sepenuhnya menjadi wewenang penanggung jawab administratif
      •  
      • Dalam pengoperasian sehari-hari, “penanggung jawab administratif” diwakili oleh “penanggung jawab teknis”
      •  
      • Pengelola tidak bertanggung-jawab atas perselisihan internal yang mungkin akan terjadi atas wewenang pengelolaan email yang didelegasikan. Pengelola menganggap sah, keterangan dari pendaftaran pertama kali.
      •  
      • Pihak pengguna layanan email mendapatkan dukungan secara teknis dari pengelola
      •  
      • Pengelola berhak penuh untuk melakukan tindakan yang perlu, seperti mencabut, membekukan, dan lain-lain, atas akun email apabila penanggung jawab administratif maupun teknis tidak mematuhi aturan aturan yang telah ditetapkan
      •  
    • Privasi dan Hak Pribadi pengguna
    •  
      • Pemilik email mempunyai hak penuh untuk menggunakan layanan dengan memperhatikan aturan dan prosedur yang berlaku.
      •  
      • Segala sesuatu yang menyangkut data pihak pengguna tidak akan dipublikasikan oleh pengelola ke pihak manapun baik organisasi maupun perorangan.
      •  
    • Kewajiban Pengguna
      • Mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan akun email.
      •  
      • Tidak memberikan username dan password email (terutama akun pribadi) kepada pihak luar, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan pengguna maupun pengelola.
      •  
      • Tidak menggunakan layanan email untuk tindakan penipuan ataupun tindakan kriminal lainnya serta transaksi belanja barang/jasa secara online.
      •  
    • Keamanan
      • Pihak pengguna bertanggung jawab atas kerahasiaan username dan password yang dipegang
      •  
      • Pihak pengelola tidak bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi pada username dan password pengguna, termasuk apabila diketahui oleh pihak yang tidak memiliki hak sebagai pengguna.
      •  
      • Pihak pengguna disarankan untuk memilih password yang mengacu kepada faktor keamanan dan menggantinya setiap periode tertentu.
      •  
      • Apabila pengguna lupa password, pegawai/penanggung jawab administratif maupun pejabat teknis bisa menghubungi pihak pengelola.
      •  
      • Pengguna tidak melakukan klik terhadap link yang tidak jelas dan mencurigakan yang dikirimkan ke akun email miliknya.
      •  
      • Apabila akun email pengguna diretas yang menyebabkan pengiriman spamming oleh akun tersebut, maka pengelola dapat menonaktifkan akun email (untuk sementara) agar lalu lintas email dapat berjalan lancar.
      •  
    • Tanggung jawab atas data email
      • Pihak pengelola tidak bertanggung jawab atas rusak/hilangnya data pihak pengguna, secara disengaja atau tidak yang disebabkan oleh pihak mana pun.
      •  
      • Pihak pengelola tidak menyediakan backup untuk semua data pengguna yang disimpan di mail server.
      •  
      • Pihak pengguna wajib melakukan back up data dan pemindahan data ke media penyimpanan pribadi agar akun email tetap dapat menerima email dengan kapasitas/kuota yang tersedia
      •  
    • Pelanggaran Aturan
      • Memberi peringatan keras sebanyak 1 (satu) kali kepada pemilik email melalui email/telp kepada penanggung jawab administratif maupun teknis dalam batas waktu 2 x 24 jam
      •  
      • Apabila peringatan diabaikan, pengelola akan memberhentikan layanan secara sepihak terhadap pengguna sampai pihak pengguna menghubungi pihak pengelola.
      •  
    • Penggunaan kapasitas penyimpanan dan lampiran dokumen
      • Kapasitas yang disediakan untuk email adalah 5 GB.
      •  
      • Lampiran dokumen (attachment) yang dapat dikirimkan adalah maksimal 10 MB
      •  
      • Untuk pengiriman lampiran yang jauh lebih besar, dapat menggunakan media transit data pusdatindoc, dengan terlebih dahulu melakukan pengajuan ke pengelola.
      •  
    • Pembatalan dan penghapusan akun
      • Pelanggaran ketentuan dan aturan di atas dapat mengakibatkan pembatalan akun oleh pihak pengelola tanpa pemberitahuan sebelumnya
      •  
      • pabila pegawai telah memasuki masa pensiun atau sudah tidak menjadi PNS Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional
      •  
      • Kegiatan/program telah berakhir.
  • JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

    Waktu yang dibutuhkan untuk merespons permohonan tersebut adalah maksimal 2x24 jam sejak informasi diterima oleh Bidang Pengelolaan Teknologi dan Informasi.

  •  

  • BIAYA LAYANAN

    Tidak dipungut biaya.

  •  

  • MEKANISME DAN PROSEDUR
    • SOP Pendaftaran Email
      • Pegawai melakukan pendaftaran online dengan menginput NIP, email alternatif, no.hp dan foto kartu identitas (ID card)
      •  
      • Admin melakukan verifikasi data pegawai
      •  
      • Admin menyetujui/tidak menyetujui permohonan pembuatan akun email berdasarkan hasil verifikasi
      •  
      • Admin membuat akun email
      •  
      • Notifikasi pembuatan/penolakan akun email dikirimkan ke email alternatif yang didaftarkan
      •  
    • SOP Reset Password
      • Pegawai menginput NIK dan akun email yang akan direset password
      •  
      • Admin melakukan verifikasi data pegawai dan akun email dimaksud
      •  
      • Admin melakukan reset password
      •  
      • Notifikasi reset password email dikirimkan ke email alternatif yang terdaftar

Isi Form secara daring